Oleh: sumarwanope | 4 Maret 2010

Jangan underestimate Blackberry: Tinjauan Blackberry 8310

Kelengkapan Unit

Unit yang kami terima untuk review terdiri atas handset, sarung, kabel data, serta charger. Tidak ada dus, buku manual, maupun earphone.Unit ini dijual di pasaran dengan harga Rp6,5 juta dengan paket data XL sebesar Rp199.000 per bulan. Pengguna diizinkan mengakses Internet unlimited sepanjang mengunakan APN (access point name) Blackberry.net.

Aspek fisik dan akses jaringan

Dengan bobot 111 gram perangkat komunikasi ini memiliki bobot dan panjang yang hampir sama dengan Nokia 6288 dan Sony Ericsson K750i. Dengan ukuran dan bobot seperti itu, unit ini sangat nyaman masuk ke kantong baju. Perangkat genggam ini memiliki posisi layar yang melintang (landscape), dan dilengkapi papan kunci QWERTY. Papan kunci ini lebih kecil dan lebih rapat dibandingkan dengan unit Hewlett Packard iPAQ 6515.

Untuk ukuran tangan saya hal ini tidak menjadi masalah. Tetapi bagi pengguna dengan jari dan ukuran tangan yang relatif besar, barangkali papan kunci yang kecil dan rapat ini bisa merepotkan.
Ketika awal menghidupkan peranti gengam ini, pada bagian kanan atas akan muncul tiga varian indikator di luar flight mode. Indikator GSM menunjukkan jaringan GSM operator aktif, gprs (huruf kecil) menunjukkan jaringan Internet operator aktif, sedangkan indikator GPRS (huruf besar) menunjukkan jaringan Blackberry aktif dan dapat digunakan.Unit ini merupakan hasil kerja sama XL dengan Vodafone yang merupakan salah satu operator seluler terbesar dunia. Sehingga, pada bagian depan unit masih ada logo dan tulisan Vodafone. Ketika kita melakukan setting e-mail pun masih akan muncul lambang Vodafone.
Penggunaan e-mail
Tersedia satu menu khusus untuk setting e-mail. Setting dapat dilakukan dengan sangat mudah. Tinggal memasukkan alamat e-mail dan password, langsung berfungsi, khususnya untuk server yang telah dikenali. Hebatnya, layanan surat elekronik dorong ini juga dapat digunakan untuk mengakses e-mail yang tidak mendukung POP3 maupun IMAP. Saya mencoba akun gmail (ada fasilitas POP3), yahoo.com (tanpa POP3), yahoo.com.au (tersedia POP3), serta e-mail kantor (ada fitur POP3). Keempatnya berhasil dikenali tanpa harus memasukkan nama server. Setiap akun e-mail yang dibuat akan muncul sebagai sebuah icon baru di layar depan. Hal ini sangat memudahkan akses dan pembacaan e-mail. Berbeda dengan sistem e-mail konvensional (pull), e-mail pada Blackberry langsung masuk ke dalam handset tanpa perlu inisiatif pengguna.E-mail yang masuk juga hanya email baru atau e-mail yang diterima setelah setting dilakukan. Jadi tidak perlu cemas jika mailbox yahoo, gmail, atau email kantor Anda sebelumnya sudah berisi ribuan e-mail. E-mail lama tidak akan masuk ke inbox Blackberry.Layar pada handset Balckberry 8310 ini dapat menampilkan banyak icon menu. Tersedia enam kolom dan tiga baris icon (18 menu) yang dapat tampil bersamaan dalam satu layar. Jumlah baris masih bisa terus bertambah dan diakses dengan scroll ke bawah.Baterai pada unit ini cukup andal. Selama saya gunakan sekitar 12 jam dengan puluhan e-mail yang masuk, indikator baterai hanya berkurang 15%. Baterai baru perlu diisi ulang setelah empat hari penggunaan dengan puluhan e-mail per hari namun tanpa fungsi teleponi.
Kesimpulan
Perangkat ini sangat andal untuk menangani e-mail dalam jumlah besar. Pengguna dapat dengan sangat mudah mengakses e-mail yang masuk ke dalam akunnya tak peduli di mana pun berada. Setting yang mudah, koneksi yang cepat, dan ukuran yang sangat handy, merupakan keunggulan yang sulit disaingi peranti genggam lain. Dukungan dari operator seluler juga menjanjikan layanan yang lebih unggul dibandingkan mesin e-mail tanpa dukungan operator. Jadi, jangan underestimate dengan Blackberry.
Kelebihan
Ringan, nyaman, Full QWERTY keyboard, Koneksi e-mail andal, mudah, efisien, Tersedia akses data unlimited
Kekurangan
Tanpa 3G, tanpa Wi-Fi, tanpa inframerah, Tanpa layar sentuh, Aplikasi pihak ketiga tak mudah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: