Oleh: sumarwanope | 9 Maret 2010

BANDUNG, KOMPAS.com — Ketika teknologi mobile broadband makin yahud, masa depan internet protocol television (IPTV) pun tampak cerah. Aktivitas komunikasi pun dapat terintegrasi di televisi. Video call yang kini penggunaannya masih acak adut di handset akan menjadi keunggulan IPTV nantinya. Komunikasi dengan lawan bicara yang terpisah jarak yang jauh akan terasa semakin dekat.

“Dengan IPTV, kita bisa berinteraksi dua arah, bisa terima telepon, kirim foto atau gambar langsung dengan lawan bicara melalui televisi,” tutur Customer Technology Director Ericsson Indonesia Ronni Nurmal dalam salah satu sesi Media Workshop dan Gathering Ericsson di Hotel Sheraton Bandung, Jumat (5/3/2010).

Teknologi IPTV sudah dikembangkan di beberapa negara. Hanya tinggal menghubungkannya dengan broadband connection maka aktivitas-aktivitas tersebut sudah bisa dilakukan. Ketika televisi diintegrasikan dengan internet, berbagai aktivitas bisa dilakukan secara bersamaan. Bahkan, menurut riset, gambar di televisi akan tampak jernih.

Radio Solutions Ericsson Indonesia, Indra, mengatakan, teknologi IPTV dimungkinkan dalam kecepatan broadband yang stabil. Keberadaan long term evolution (LTE) atau 4G menjadi angin segar bagi pengembangan IPTV karena jaringan ini memberikan alokasi jalan khusus bagi berbagai aplikasi yang masuk. “Kondisi jaringan harus bagus. Kalau 3G agak sulit kan karena tergantung radio condition. Apalagi kalau penerimanya di dalam gedung,” tuturnya.

Caroline Damanik


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: