Oleh: sumarwanope | 9 Maret 2010

Tips Membeli Blackberry Baru atau Bekas

  1. Pastikan PIN Blackberry second yang kita beli tidak diblokir, cara mendeteksinya apakah PIN Blackberrytersebut diblokir atau tidak yaitu dengan melakukan proses wipe handset dengan mengklik Option >> Security >> General Options >> Wipe Handled. Selanjutnya, siapkan kartu SIM yang sudah diaktifkan layanan blackberrynya. Perhatikan simbol huruf GPRS, EDGE, 3G. Jikalau simbol tersebut ditulis dengan huruf kecil maka sudah pasti PIN terblokir.
  2. Beberapa kondisi yang mutlak mendapat perhatian utama saat membeli blackberry second/bekas yakni permasalahan SIM locked, operator locked, IT policy terblokir atau pun PIN tersangkut. Adapun trik mengecek handset yang terkunci sangatlah gampang. Masukkan kartu SIM, jika muncul tulisan invalid SIM Card, maka bisa dipastikan handset dalam kondisi SIM locked. SIM terkunci karena ketika handled dijual di luarnegeri, handled tersebut masih terikat kontrak dengan operator yang mendistribusikan. Selama masa kontrak belum habis, handset tidak bisa digunakan dengan layanan operator lain. SIM terblokir sama halnya kita sama sekali tak menggunakan Blackberry.
  3. Untuk memeriksa PIN sudah dicabut atau belum, caranya dengan memasukkan kartu SIM yang sudah diaktifkan layanan Blackberry. Klik Email Setting >> halaman browser yang muncul pilih Create New Account. Pada saat diminta masukkan PIN dan IMEI, kita coba masukkan kedua data tersebut. Apabila halaman berlanjut ke menu selanjutnya, berarti PIN sudah dicabut. Namun seandainya belum dicabut, muncul pemberitahuan “Cannot Creat Account. An Account Already Exist for this Blackberry Device“. Permasalahn PIN yang belum tercabut ini bisa dipecahkan dengan meminta pengguna sebelumnya untuk melakukan pelepasan. Cara lainnya dengan menelepon Customer Service Operator untuk melepasnya.
  4. Cara mengetahui Blackberry terkena pemberlakuan IT Policy atau tidak bisa dicek dengan membuka Option >> Status. IT Policy Enabled maka artinya pembatasan fungsi diberlakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: