Oleh: sumarwanope | 7 April 2010

Tak Pakai Helm SNI, Polisi Tilang Ribuan Bikers

JAKARTA– Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menilang 41.800 pengendara sepeda motor karena tidak menggunakan helm standar SNI.

Tindakan tilang dilakukan sejak Januari-Maret 2010, saat sosialisasi UU No 22/ 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono mengatakan,saat ini pemberlakuan penggunaan helm berlabel Standar Nasional Indonesia (SNI) sudah dilakukan. Petugas terus melakukan penyuluhan dan pemberian tindakan tilang bagi para pelanggar.

Diharapkan dengan adanya aturan baru ini, angka kecelakaan lalu lintas terbanyak korbannya pengendara sepeda motor dapat berkurang. ”Semua yang dilakukan ini untuk keamanan pengguna sepeda motor,” ungkapnya.

Di bagian lain, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polrestro Bekasi juga telah menilang sekitar 1.000 pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI dan pelanggaran lainnya, sejak 1-5 April lalu. Wakil Kepala Satlantas Polrestro Bekasi AKP Mustamal mengatakan, rata-rata setiap hari 200 pengendara sepeda motor telah ditilang.

”Pengendara yang ditilang, bukan hanya karena tak menggunakan helm SNI saja, tetapi ada juga pelanggaran lalu lintas lainnya,” papar AKP Musatamal. Selain tidak menggunakan helm standar, pelanggaran yang dilakukan pengendara antara lain, melawan arah lalu lintas, tidak menggunakan knalpot standar, dan pelat nomor kendaraan tidak sesuai.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: