Oleh: sumarwanope | 19 April 2010

Tips Menghadapi Virus Komputer

Seiring dengan berkembangnya kemajuan komputer dan IT, virus komputer pun tidak kalah turut berkembang dan terus mengganggu saja.

Dimana ada komputer pasti akan ada virus komputer. Semua pengguna komputer dari anak-anak sampai dewasa pasti tahu itu. Virus komputer akan selelu membayangi kita sebagai pengguna komputer, mungkin bagi mereka yang awas atau memang paham soal komputer tidak akan terlalu kesulitan dalam menghadapinya. Tapi bagaimana dengan mereka yang awam terhadap hal ini?

Hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah meminta tolong teman yang lebih paham soal komputer dan meminta tolong untuk di install anti virus, atau kita bisa beli anti virusnya saja di toko-toko komputer.

Seiring dengan berkembangnya kemajuan komputer dan IT, virus komputer pun tidak kalah turut berkembang dan terus mengganggu saja. Tren-tren virus yang berkembang bukan saja dari luar negeri tapi juga virus-virus local ikut merebak dan tidak kalah canggihnya. Setiap tahun ada saja virus baru yang berjamuran. Nah, hal inilah yang disikapi oleh Vaksin.com dengan menyelenggarakan seminar dengan tema Evaluasi Malware 2009, Trend 2010 dan Antisipasinya. Seminar yang diadakan pada akhir pekan kemarin,  melibatkan pembicara-pembicara handal dalam bidang virus komputer dan data recovery.

Para pembicaranya adalah: A. Alfons Tanujaya, seorang Antivirus Specialist, yang membawa tema Evaluasi Malware 2009, Trend 2010 dan Antisipasinya, Virus mengeksploitasi Facebook dan Blackberry. Pembicara kedua Adang Juhar Taufik, seorang Senior Vaksinis Vaksincom, dengan tema presentasi Analisa Virus di Laboratorium Virus Vaksincom, pembuatan Registry Fix dan Norman Malware Cleaner.

Kemudian ada Adi Saputra, ia adalah seorang Senior Vaksinis Vaksincom, dengan judul presentasinya Deteksi malware Broadcast jaringan, download malware lain dan spamming. Bagaimana menggunakan NNP (Norman Network Protector) untuk menghadapi broadcast malware. Lalu pembicara terakhir ada Wiekiang, seorang Data Recovery Expert– Indolabs, dengan tema presentasi Teknik berjaga-jaga menghadapi bencana kehilangan data dan bagaimana mengamankan data anda yang berharga dari bencana kehilangan Data ketika terjadi bencana.

Pada dasarnya pada saat komputer kita terkena virus, kita tidak perlu langsung panic dan gegabah melakukan tindakan-tindakan yang justru memperburuk keadaan komputer kita. Jangan Panik! Itulah hal pertama yang harus anda lakukan, tetap tenang dan lihat dengan seksama apa yang terjadi. Jangan langsung restart atau reinstall komputer anda, ada baiknya menghubungi orang yang lebih paham tentang komputer. “Jangan lupa juga untuk mencatat apa yang sudah terjadi.” Lanjut Wiekiang, seorang ahli data recovery dari Indolabs. Dengan mencatat apa yang terjadi kita jadi bisa tahu dan sekiranya siap menghadapi hal yang serupa dimasa mendatang.

Salah satu tips sederhana lain menghadapi virus komputer adalah justru sebelum komputer kita terkena virus, yaitu dengan rutin backup data pada server dan secara rutin backup e-email pada server, seperti yang dikatakan Adi Saputra, “Antisipasi akan lebih baik.”

Beberapa virus yang terkenal seperti Conficker dan Sality juga dibahas dalam seminar ini. Dan diharapkan kepada mereka agar lebih awas terhadap virus-virus yang akan berkembang ditahun 2009.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: