Oleh: sumarwanope | 14 Mei 2010

Panduan Memilih Smartphone

Berikut ini adalah panduan bagi Anda yang berencana untuk membeli Smartphone

Sebuah smartphone, atau PDA-phone, pendeknya adalah alat yang merupakan organizer digital dan memiliki berbagai fasilitas input (aplikasi pengenal tulisan tangan dan/atau keypad), selain juga memiliki fungsi telepon.

Apa yang bisa dilakukan Smartphone?
Fungsi standar sebuah Smartphone di antaranya adalah sebagai telepon, data organizer, pengatur data pribadi, pemutar musik/gambar/video, klien e-mail, dan web browser. Untuk menemukan sebuah telepon pintar yang cocok buat Anda, bayangkan saja berbagai hal yang paling ingin Anda lakukan dengan alat tersebut, baru kemudian terbayang alat seperti apa yang pas.

Misalnya, jika Anda adalah jenis orang yang hanya ingin memiliki telepon yang bisa menyimpan dan mengingatkan janji dan tugas-tugas yang harus Anda lakukan, tentu tak perlu membeli telepon pintar dengan fungsi yang sangat lengkap spesifikasinya, karena smartphone yang paling canggih tentulah fungsinya bisa menyerupai sebuah laptop atau bahkan komputer desktop, meskipun terbatas.

Pada intinya Smartphone perlu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

* Membuat dan menerima panggilan telepon
* Organisasi data pribadi; seperti appointment, memo, dan tugas-tugas
* Mengirim dan menerima e-mail
* Browsing Internet (melalui website mobile yang sudah dioptimalisasi untuk layar yang kecil)
* Membuka dan menyunting dokumen MS Office

Dengan beberapa aplikasi tambahan, beberapa model dapat menampilkan file gambar, mengambil dan menampilkan video, login ke jaringan kantor atau bahkan menjadi unit GPS. Kuncinya adalah memilih model yang paling pas dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah beberapa panduan yang bisa Anda gunakan ketika memilih telepon pintar yang pas:

* Jika Anda sering berpergian ke luar negeri, pilih telepon dengan jaringan berbasis GSM. Dengan demikian Anda bisa mengisinya dengan kartu GSM prabayar lain jika sedang berada di luar negeri. Namun jika Anda jarang bepergian, basis jaringan lain pun bisa dipertimbangkan.

* WiFi memang bermanfaat, tapi akan jadi fitur yang kurang penting. Apakah Anda sering berada di area hotpsot? Jika ya, pertimbangkan model dengan fasilitas WiFi built in. Dengan makin tersedianya jaringan data berkecepatan tinggi di Indonesia, fitur ini memang tak lagi jadi andalan utama. Lebih mudah menggunakan koneksi telepon di dalam jaringan datanya sendiri, daripada harus mencari-cari hotspot lebih dulu. Sementara saat ini penyelenggara jasa telekomunikasi sudah mulai melengkapi jaringannya dengan EV-DO dan HSDPA, fitur WiFi memang tak lagi jadi pilihan utama.

* Fasilitas input melalui keypad QWERTY memang jauh lebih memudahkan pengguna. Desain yang tipis dan ramping yang jadi acuan saat ini membantu mengurangi ukuran telepon pintar yang dilengkapi dengan papan kunci jenis ini. Tapi jika Anda hanya memerlukan fungsi sebagai pencari informasi dan membaca e-mail, keypad numerik juga masih oke, apalagi kalau Anda tak ingin telepon yang terlalu lebar.

* Semua sistem operasi pada dasarnya bagus, pilih saja yang paling nyaman dengan Anda. Masing-masing sistem operasi, Palm, Windows Mobile, Symbian, dan BlackBerry memiliki keunggulan, dan semuanya mencakup fungsi dasar (E-Mail, web, teks). Tapi tentu saja ada aplikasi spesifik yang Anda perlukan, misalnya koneksi ke e-mail server BlackBerry, atau aplikasi database tertentu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: